Jumat, 14 April 2017

Catatan tentang si Pendiri Kota Samarinda




Ulasan mengenai Kunjungan Makam Lamohang Daeng Mangkona
Dengan Judul
“Catatan tentang Si Pendiri Kota Samarinda”

Oleh:

Nama : Mira Santika
NIM : 1614015006
Kelas : Sastra Indonesia (A) 


Catatan Pertama : Perjalanan ke Makam Bersejarah
‘La Mohang Daeng Mangkona’
Tanggal 8 april 2017,hari sabtu merupakan hari yang telah dijadwalkan sebagai hari kunjungan ke makam bersejarah di Samarinda seberang.Kunjungan diikuti eluruh mahasiswa dan mahasiswi Sastra Indonesia angkatan 2016 untuk kelas A dan B.Kami berangkat sekitar pukul 10 dari kampus Fakultas Ilmu Budaya menuju ke lokasi kunjungan dengan menggunakan kendaraan pribadi.Sebelum berangkat kami diabsen terlebih dahulu dan berdoa kemudian dengan beriringan kami mulai berangkat dengan kecepatan rata-rata.
Rombongan kami yang dari kelas Sastra indonesia A dan B bersama dosen Tradisi Sastra Nusantara, Dahri Dahlan ,S.S.M.Hum akhirnya tiba ke lokasi makam bersejarah setelah menempuh kurang lebih 30 menit.Dari kejauhan telihat tulisan “Taman Makam Lamohang Daeng Mangkona” dengan tulisan kapital ketika memasuki kawasan bangunan bersejarah yang terletak di Kota Samarinda atau lebih tepatnya Samarinda seberang di jalan Abdul Rasyid yaitu sekitar 300 meter dari Masjid Tua Sirathal Mustaqiem yang merupakan masjid tertua di Kota Samarinda.
Lokasi taman makam terlihat asri dan menyenangkan.Kawasan perumahan makam terbuat dari kayu ulin berlantai ubin.Didalam perumahan makam hanya terdapat beberapa makam saja,dari penjaga makam diketahui bahwa kebanyakkan makam yang dianggap berhubungan dengan makam Lamohang Daeng Mangkona terdapat dibagian belakang perumahan makam.Ada pagar dari rumput yang menjadi tolak ukur keseluruhan pagar,sehingga diketahui dari pagar didepan hingga kebelakang mungkin ada sekitar 200 buah makam yang tersusun tidak teratur,berbeda dengan keadaan makam yang ada dibagian perumahan.Dibagian samping perumahan terdapat miniatur perahu layar sederhana.Juga terdapat danau kecil yang disekitarnya dihiasi dengan rerumputan hijau.Ketika kami berkumpul didalam perumahan makam,pertama kami berdoa masing-masing dan dilanjutkan dengan wawancara dengan penjaga makam.Setelah selesai didalam perumahan saya dan tiga teman saya serta teman-teman seangkatan berkeliling dibagian belakang perumahan makam sambil memoto beberapa lokasi.

“LEGENDA”
Apa itu Legenda ?
Ada beberapa pengertian dari legenda, yaitu sebagai berikut :
A. Legenda adalah dongeng yang menceritakan asal mula (nama) suatu  tempat ( Tim Abdi Guru,2004:102).
B. Legenda adalah cerita prosa rakyat yang mirip mite,yang dianggap  benar-benar terjadi tetapi tidak dianggap suci.
C. Legenda oleh yang empu-nya cerita sebagai suatu yang benar-benar  terjadi (Danandaja,2002:_).

Ciri-ciri Legenda
Legenda merupakan cerita rakyat yang memiliki ciri-ciri,yaitu sebagai berikut :
1. Oleh orang yang empunya cerita dianggap sebagai suatu kejadian yang  sungguh-sungguh pernah terjadi.
2. Bersifat sekuler (keduniawian),terjadinya pada masa yang belum begitu  lampau,dan bertempat didunia seperti yang kita kenal sekarang .
3. “Sejarah” kolektif , maksudnya sejarah yang banyak mengalami distorsi  karena seringkali dapat jauh berbeda dengan kisah aslinya.
4. Bersifat migration yakni dapat berpindah-pindah ,sehingga dikenal luas  didaerah-daerah yang berbeda.
5. Bersifat siklus,yaitu sekelompok cerita yang berkisar pada suatu tokoh  atau kejadian tertentu,misalnya di Jawa legenda-legenda mengeni Panji.
6. Dan juga telah dibumbui dengan keajaiban,kesakitan dan keistimewaan  tokohnya

 Jenis-jenis Legenda
Legenda dapat dibagi kedalam empat jenis,yaitu :
A. Legenda Keagamaan
Didalam legenda keagamaan banyak kita jumpai kisah-kisah para wali penyebar islam,misalnya,Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar di Jawa,sedangkan di Bali dapat kita temui legenda tentang kisah Ratu Calong Arang.
B. Legenda Kegaiban
Legenda ini berkisah tentang kepercayaan rakyat pada alam gaib,misalnya kerajaan gaib orang Bunian dirimba raya Sumatra,kerajaan gaib Pajajarab di Jawa Barat,Kerajaan gaib Laut kidul di Jawa Tengah dan Yogyakarta,dan Si Manis Jembatan Ancol dari Jakarta.
C. Legenda Perseorangan
Legenda perseorangan menceritakan tokoh tertentu yang dianggap pernah ada dan terjadi,misalnya Sabai nan Aluih dan si Pahit Lidah dari Sumatra,Si Pitung dan Nyai Dasima dari Jakarta,Lutung Kasarung dari Jawa Barat,Rara Mendut dan Jaka Tingkir dari Jawa Tengah,Suramenggolo dari Jawa Timur,serta Jayaprana dan Layonsari dari Bali.
D. Legenda Lokal 
Legenda lokal adalah legenda yang berhubungan dengan nama tempat terjadinya gunung,bukit,danau,dan sebagainya.Misalnya,legenda terjadinya Danau Toba diSumatra,Sangkuriang (Legenda Gunung Tangkuban Perahu) di Jawa Barat,Rara Jonggrang di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Ajisaka di Jawa Tengah dan Desa Trunyan di Bali (Wardaya,2009:28).

Perbedaan Legenda,Mitos dan Sejarah
Melihat beberapa hal mengenai legenda,tentunya kita akan sering menghubung-hubungkan dengan mitos dan sejarah.Sebagaimana dengan yang kita ketahui adalah legenda adalah cerita prosa rakyat yang mirip mite,yang dianggap benar-benar terjadi. Sedangkan mitos adalah cerita tentang makhluk atau dewa-dewi kepercayaan masyarakat ( Tim Abdi Guru,2004:102).Dan sejarah,menurut Voltaire adalah suatu narasi fakta-fakta yang diterima sebagai sesuatu yang benar,yang berbeda dengan fabel (Sjamsuddin,2007:8)..Pada masa Voltaire titik berat diletakkan pada perlunya pemisahan antara sejarah dari fabel,yang pada waktu itu belum jelas bagi orang kebanyakan (bahkan termasuk jumlah sejarahwan)(Topolski,1973:52-53).
Ketika mengamati beberapa pengertian diatas tentunya kita dapat memahami perbedaan dari ketiga hal tersebut.Meskpun sama-sama pengerahuan tentang waktu,sejarah juga membedakan dirinya dengan mitos dan legenda.Mitos tidak menjelaskan tentang kapan sesuatu terjadi ,sedangkan bagi sejarah penjelasan tentang waktu itu penting (Kuntowijoyo,1995:63

Catatan Kedua : Tentang Lamohang Daeng Mangkona

21 januari 1668 ibukota provinsi Kalimantan Timur,Samarinda berdiri. Namun,siapakah tokoh yang sangat berperan dalam sejarah berdirinya kota Samarinda ?.Sebut saja Lamohang Daeng Mangkona yang merupakan pendiri kota Samarinda.Selain itu,Daeng Mangkona adalah seorang pemimpin dari suku Wajo.Bagaimana sejarahnya sehingga ia bisa datang ke pulau Kalimantan dan mendirikan kota Samarinda ?.
Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado) adalah orang Bugis Wajo dari Kerajaan Gowa yang tidak ingin tunduk pada perjanjian Bongaya setelah Kesultanan Gowa kalah akibat serangan pasukan Belanda.Rombongan Bugis tiba di Kalimantan Timur dengan perahu sederhananya.Dan kedatangan orang-orang Bugis Wajo diterima dengan baik oleh Kesultanan Kutai.Seperti penduduk kutai asli,mereka dipersilahkan untuk tinggal didaerah dekat sungai di Tanah Rendah.
Sekitar tahun 1668,sultan kutai pada masa itu memerintahkan Daeng Mangkona besama kelompoknya membuka perkampungan dan pembukaan perkampungan terletak diwilayah Tanah Rendah.Maksud dari pembukaan perkampungan ini adalah sebagai daerah pertahanan atau wilayah untuk mengawasi aliran sungai dari serangan perampok atau serangan bajak laut.Selain itu, sultan kutai yang terkenal bijaksana itu juga bermaksud memberikan tempat bagi perantau yang datang kewilayah kesultanan Kutai terutama untuk rombongan Bugis Wajo yang diperkirakan sekitar 200 orang yang dipimpin oleh Daeng Mangkona yang merupakan penghuni pertama yang tinggal dipinggir sungai dan membangun rumah panggung.
Dan Samarinda bukan hanya nama yang dicetuskan tanpa sejarahnya. Samarinda berasal dari kata Sama Rendah, selain menunjukkan bahwa terletak di pinggiran sungai yang identik dengan kawasan yang rendah juga bermaksud sebagai penanda bahwa semua penduduk,baik asli maupun pendatang itu berderajat sama.Tidak ada perbedaan yang dilihat oleh Kesultanan Kutai baik itu orang asli (kutai) atau perantau seperti orang Bugis,Banjar,dan suku lainnya.Tidak heran kalau diwilayah kalimantan Timur tepatnya Samarinda yang bermukim (bertempat tinggal) didalamnya bukan hanya orang asli kutai melainkan ada yang dari suku lainnya.Tanggal 21 januari ditetapkan sebagai peringatan kematian beliau sebagai penghargaan kepada beliau sebagai pendiri Kota Samarinda.

Catatan Ketiga : Pengamatan tentang Lamohang Daeng Mangkona  

Ketika membahas Lamohang Daeng Mangkona,wilayah Samarinda merupakan hal yang menjadi bukti perantauan dari beliau ,dimana penduduk yang berbeda suku dalam satu pulau yang merupakan hasil dari kebijakan Kesultanan Kutai yang menyetarakan semua orang baik penduduk asli Samarinda (kutai) dan para pendatang dan makna tersurat dari nama ‘Sama Rendah’.
Ada sebuah makna Bhineka Tunggal Ika didalam cerita tentang Lamohang Daeng Mangkona,Indonesia sudah terkenal dengan negara kepulauan dan banyak suku didalamnya.Namun,didalam suatu pulau mungkin hanya ada satu suku yang dominan,dan yang perlu kita perhatikan adalah Lamohang Daeng Mangkona mendirikan kota di pulau Kalimantan,walaupun dia hanyalah seorang pendatang.Hal inilah yang perlu kita teladani dalam sejarahnya Lamohang Daeng Mangkona.Didalam kehidupan sosial,perlunya ada toleransi apapun suku kita dan bagaimana kebudayaannya serta kepercayaan yang dianut kita harus saling menghargai dan menghormati.

Catatan Keempat : Harapan untuk Taman Makam Lamohang Daeng Mangkona
Tentang keadaan lingkungan yang ada disana sebetulnya sudah terlihat indah dan asri,dilengkapi dengan pepohonan serta rerumputan.Bahkan miniatur kapal yang berada dibagian sebelah perumahan makam.Itulah yang terlihat ketika kita memasuki lokasi makam Lamohang Daeng Mangkona
Akan tetapi,ketika saya melihat beberapa makam yang berada dibagian belakang.Saya hanya berpikir prihatin.Karena makam-makam yang hanya dengan nisan sederhana dibelakang perumahan ,beberapa diantaranya rusak.Makam-makam tersebut dikatakan sebagai makam-makam rombongan Bugis Wajo yang ikut dalam pelayaran Daeng Mangkona.

Tidak terlihat seperti makam yang terdapat diperumahan,makam itu hanyalah nisan sederhana dari kayu dan batu yang menandakan tempat bersemayam.Di sekitar makam terlihat bersih dan dihiasi dengan rerumputan kecil dan pohon.Makam yang terlihat tidak teratur tentunya belum dapat dibangun seperti makam yang diperumahan dikarenakan pembangunan yang baru dimulai sekitar tahun 2012.
Mungkin harapan saya adalah agar makam-makam yang nisannya sudah rusak dan pecah agar lebih layak.Bukan bermaksud dibuat seperti makam yang berada dibagian dalam perumahan ,karena saya mengerti bahwa sebuah pembangunan tentunya memerlukan biaya.Yang harus dilakukan adalah,memperbaiki agar menjadi tempat peristirahatan yang layak untuk para rombongan Bugis Wajo yang membangun Kota Samarinda bersama Daeng Mangkona.
Selain itu,alangkah lebih baik para ahli memeriksa lagi atau menelusuri kembali mengenai sejarahnya Lamohang Daeng Mangkona.Karena taman Makam Lamohang Daeng Mangkona adalah salah satu cagar budaya,yang pastinya akan menjadi tempat penting bagi para penikmat termasuk para pelajar yang berkecimpung kedalam masalah kebudayaan dan sejarah.


Daftar Pustaka

Wardaya.2009.Cakrawala Sejarah 1.Jakarta:PT.WIDYA DUTA GRAFIKA.
Tim Abdi Guru.2004.SeribuPena Bahasa Indonesia SMP.______:Penerbit  Erlangga.
Sjamsuddin,Helius.2007.Metodologi Sejarah.Yogyakarta:Penerbit Ombak.
Topolski,Jerzy.1973.Methodology of History,terjemahan Olgierd  Wojtasiewicz,Dordrecht-      Holland/Boston-USA:D.Reidel Publishing  Company.
Kuntowijoyo.1995.Pengantar Ilmu Sejarah.Yogyakarta:PT. Bentang Pustaka.



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar